kpu_maros@kpu.go.id 0411 - 373999

No Image

KPU Lakukan Verfak Dukungan Perseorangan Dengan Standar Protokol Kesehatan Covid-19

MAROS — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maros melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat Desa/Kelurahan melakukan verifikasi faktual (Verfak) terhadap dokumen  dukungan Bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Maros jalur perseorangan secara serentak, Senin (29/06).
Verifikasi faktual dilakukan langsung oleh PPS ke orang-orang yang namanya tertera dalam dokumen dukungan, dalam pelaksanaan verifikasi faktual tersebut para penyelenggara dilengkapi dengan APD sesuai standar protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.
“Para petugas Verfak melakukan tugasnya dilengkapi dengan APD standar kesehatan Covid-19, seperti masker, Face Shield (Penutup wajah bening), sarung tangan, bahkan beberapa PPS telah dilakukan Rapid Test yang difasilitasi oleh Puskesmas. Jumlah dukungan yang akan diverifikasi jumlahnya cukup banyak, yakni 25.475 dukungan yang tersebar di 14 kecamatan dan 103 desa/kelurahan. dokumen tersebut juga kita bungkus dengan plastik anti air yang bisa kita semprot disinfektan setiap berpindah tangan” Ujar Komisioner KPU Divisi Teknis, Mujaddid, saat ditemui diruang kerjanya, Senin (29/06).
Ia melanjutkan, selain APD para petugas juga sudah dibekali tata cara verfak yang memenuhi standar protokol kesehatan, sebagaimana yang diatur dalam surat edaran KPU RI.
“Kemarin itu kami mendampingi PPK melakukan bimtek di 14 kecamatan, selain teknis verifikasi kami juga melakukan pembekalan sebagai dasar dalam melakukan verfak dengan protokol kesehatan, misalnya tidak boleh berkumpul leih dari 5 orang, jaga jarak, senantiasa cuci tangan, dan tetap menjaga imun tubuh, meskipun kita ada deadline tapi kesehatan teman-teman PPS harus tetap terjaga” lanjut Jaddid.
Mujaddid menambahkan, untuk dokumen yang diverifikasi secara faktual, sebelumnya telah diverifikasi secara administrasi (Vermin).”Jadi total dokumen dukungan yang diverfak itu adalah hasil dari verifikasi administrasi, jika setelah verfak sudah memenuhi syarat yakni 24.505 dukungan maka akan dilakukan pleno penetapan hasil rekap, kalau belum memenuhi syarat maka sesuai dengan regulasi KPU memberi kesempatan untuk perbaikan, tahapannya itu sama saat pemasukan dokumen dukungan di awal, durasinya saja yang lebih singkat, jumlahnya juga dua kali lipat dari jumlah kekurangan” Tutup Mujaddid.(kpumrs/edy)

 

share This :

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.