kpu_maros@kpu.go.id 0411 - 373999

No Image

Sosialisasi Pelaksanaan Tahapan Lanjutan Pemilihan Serentak 2020

Keterangan Foto : Sosialisasi PKPU 5 Tahun 2020 Tentang perubahan ketiga atas peraturan komisi pemilihan umum nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau wali kota dan wakil wali kota tahun 2020

MAROS – KPU Maros menggelar sosialisasi pelaksanaan tahapan lanjutan pemilihan serentak 2020, di aula kantor KPU Maros, JL.Azoka, Kec Turikale,Maros, (Rabu 17 Juni 2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan partai politik, LO Paslon perseorang, Polres Maros, Kodim 1422 Maros, Kejaksaan Negeri Maros, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Maros, Kesbangpol Maros, Pol PP dan Satgas Covid-19 Maros, dan para awak media.
Pada sosialisasi tersebut komisioner KPU Maros menjelaskan tentang lanjutan pemilihan serentak 2020.

Ketarangan Foto : Pelaksanaan Sosialisai PKPU No 5 Tentang Yang di hadiri oleh Partai Politik dan Unsur Terkait

“Jadi berdasarkan PKPU No 5 tahun 2020 yang merupakan perubahan ketiga atas PKPU 15 tahun 2019, Jadi kita sudah mulai sejak 15 Juni kemarin dengan melantik PPS, setelah itu kita akan membentuk PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) pada 24 Juni, itu untuk penyelenggara, kalau untuk data pemilih pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih kita laksanakan sejak Juni ini hingga 18 oktober 2020. Pencocokan dan penelitian atau coklit kita laksanakan Juli hingga agustus” Ujar Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM, Syaharuddin.

Syaharuddin melanjutkan, jika semua tahapan masih berjalan seperti yang dulu , hanya diundur dan diberlakukannya standar Kesehatan Covid-19.

“Sebenarnya untuk tahapan secara substansi tidak ada yang berubah, hanya ditunda karena ada wabah covid-19, selain itu semua tahapan kedepan dilakukan dengan menggunakan standar kesehatan Covid-19, untuk calon perseorangan, tanggal 24 Juni kita akan serahkan syarat dukungan ke penyelenggara AD-Hoc untuk diverifikasi secara factual di lapangan, dan tentu dengan menggunakan standar Kesehatan Covid-19” Lanjut Syaharuddin.

Syaharuddin melanjutkan untuk calon usungan partai politik akan diumumkan pada Agustus, pendaftaran pada september dan penetapan pasangan calon akan dilakukan pada 23 September.

“Untuk calon usungan partai politik akan full di September, mulai dari pendaftaran pasangan, pengumuman dan tanggapan masyarakat, pemeriksaan Kesehatan, verifikasi syarat calon, perbaikan dokumen syarat hingga penetapan di 23 September. Untuk teknisnya kita masih menunggu PKPU karena yang ada ini baru PKPU tahapan” Tutup Syaharuddin.(KPU-Edy)

share This :

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.