kpu_maros@kpu.go.id 0411 - 373999

No Image

Gelar Bimtek PPK, KPU Maros Siap Laksanakan Verifikasi Faktual

Keterangan Foto : Bimtek verifikasi faktual dukungan bakal calon Perseorangan Pada Pemiliha Bupati dan Wakil Bupati Maros Tahun 2020

MAROS – KPU Maros menggelar bimbingan teknis (Bimtek) verifikasi faktual dukungan bakal calon perseorangan Pilkada Maros 2020, Minggu (21/06) di Aula KPU Maros, Jl Azoka Turikale, Maros.

Dalam sambutannya, pelaksana harian (PLH) Ketua KPU Maros, Syaharuddin mengatakan diantara 12 Kabupaten/Kota yang menggelar Pilkada 2020 ini, hanya dua daerah yang ada pendaftar di jalur perseorangan, yakni Selayar dan Maros, sehingga Bimtek penyelenggara harus segera dilaksanakan.

“Di Sulsel ini ada 12 Kabupaten/Kota yang menggelar Pilkada 9 Desember 2020 nanti, dari 12 Kabupaten/kota ini ada dua yang punya bakal calon perseorangan, yakni selayar dan kita di Maros. Olehnya itu Bimtek kita perc epat, hari ini kita undang PPK dari 14 kecamatan, tentu semuanya kita lakukan dengan standar protokol kesehatan Covid-19” Ujar Syaharuddin.

Ia juga menegaskan, jika pada verifikasi faktual di lapangan nantinya tetap akan dilaksanakan dengan maksimal. “Insyallah teman-teman tetap akan bekerja maksimal pada proses verifikasi, meski kondisi wabah Covid-19 masih terjadi, tentu kita akan menggunakan protokol kesehatan, guna menjaga kesehatan para penyelengara dan masyarakat juga sebagai upaya kita memutus penyebaran virus Covid-19 ini. Selain itu kita jga berharap teman-teman penyelenggara di tingkat kecamatan dan Desa agar senantiasa berkoordinasi dengan stakeholder di tingkatan masing-masing terutama Panwascam dan jajarannya” Tutupnya.

Keterangan Foto : PPK se-Kab Maros Menghadiri Bimtek verifikasi Perseorangan di aula KPU Kab.Maros ( 21/06/2020)

Sementara itu, komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan, Mujaddid pada bimtek tersebut menekankan beberapa petunjuk teknis untuk tahapan jalur perseorangan.

“Jadi penyerahan dokumen dukungan akan kita laksanakan serentak ke PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) pada 24 Juni, kemudian PPK akan menyerahkan ke PPS pada tanggal 27 Juni. Penyerahan kita akan laksankanan pagi dan langsung bekerja hari itu juga, mengingat waktu untuk tahapan ini hanya sampai 12 Juli, berarti hanya 19 hari, tapi Insyallah saya berharap kita semua bisa maksimal bekerja dan selesai sesuai tahapan, karena pada 13-19 Juli kita sudah rekap di tingkat kecamatan, tanggal 20-21 Juli kita rekap di kabupaten dan kita umumkan hasilnya atau pemberitahuan hasil rekapitulasi dukungan pada 22-24 Juli” papar Mujaddid.

ia melanjutkan, setelah hasil rekapitulasi disampaikan ke pasangan bakal calon perseorangan, maka akan ada kesempatan untuk perbaikan syarat dukungan apabila tidak memenuhi persyaratan. “jadi jika nantinya dokumen belum memenuhi persyaratan maka ada kesempatan untuk perbaikan, teknisnya hampir sama seperti saat penyerahan dukungan di awal, hanya durasiya saja yang beda” lanjut Mujaddid.

Untuk standar protokol kesehatan yang diberlakukan, Mujaddid menyampaikan jika bukan hanya petugas penyelenggara yang harus memenuhi standar protokol kesehatan Covid-19 namun semua perangkat kerja juga harus mengikuti standar protokol Covid-19.

“jadi selain APD untuk para penyelenggara, dokumen juga akan kita bungkus plastik yang bisa untuk disemprot disinfektan, tentu ini adalah upaya yang dilakukan untuk memutus mata rantai covid-19 sesuai dengan surat edaran terbaru KPU RI” Tutupnya(EDY-KPUMAROS)

 

Keterangan Foto : Pemeriksaan Suhu Tubuh Sebelum Memasuki Ruangan Pertemuan

share This :

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.