kpu_maros@kpu.go.id 0411 - 373999

No Image

KPU MAROS MENGGELAR RAPAT PENATAAN DAPIL DAN SIMULASI PENGHITUNGAN ALOKASI KURSI ANGGOTA DPRD KABUPATEN MAROS

Maros,23/12/2017. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Maros menggelar Rapat Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan simulasi penghitungan alokasi kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).
Acara yang digelar di Aula KPU Kabupaten Maros ini di buka secara resmi pada pukul 09.30 Wita oleh Ketua KPU Kabupaten Maros Ali Hasan di Aula KPU Kabupaten Maros. Dalam sambutannya Ali Hasan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan sebelumnya yang digelar di Hotel Darma Nusantara II di Makassar.
Pembahasan mengenai Penataan daerah pemilihan selanjutnya dipandu oleh Komisioner Divisi Teknis Darmawati, diawali dengan memberikan apresiasi kepada audiens atas kesediannya untuk hadir dalam kegiatan ini.
Ada perbedaan substansi undang-undang yang digunakan dalam pemilu sebelumnya (2014), dengan Tahun 2019, yaitu mengenai batas maksimal pengaturan jumlah kursi Anggota DPR kabupaten/kota. Dengan jumlah penduduk 300 sampai dengan 400 juta jiwa Kabupaten Maros mendapatkan 35 kursi Pada Pilkada 2014. Pada Pilkada 2019 Jumlah Penduduk Kabupaten Maros Berdasarkan DAK2 tertanggal 17 Desember 2017 berjumlah 397.937 juta jiwa, maka Kabupaten Maros tetap mendapatkan alokasi kursi sejumlah 35 kursi, namun di beberapa kecamatan terjadi pertambahan penduduk sehingga perlu adanya penambahan Dapil dan alokasi kursi pungkasnya.
Kegiatan ini dihadiri oleh Partai Politik se Kabupaten Maros, FORKOPIMDA, LSM perempuan, Pemerhati Pemilu dan stake holder.
Diskusi berjalan sangat dinamis, dengan aktifnya peserta rapat menanggapi permasalahan yang dipaparkan oleh Darmawati. Dua opsi Dapil yang disampaikan yaitu opsi 5 Dapil dengan 6 Dapil, pada umumnya peserta menyepakati opsi 6 Dapil dengan pertimbangan yang beragam, luas wilayah dan pertambahan jumlah penduduk menjadi salah satu alasan penambahan jumlah dapil ini.
Sebelum acara berakhir Darmawati meminta kepada peserta rapat agar membuat masukan alasan secara tertulis ke KPU Kabupaten Maros untuk selanjutnya dijadikan bahan dan masukan ke KPU RI dalam hal Penataan Dapil tingkat Kabupaten Maros.
Acara ditutup oleh Ketua KPU Kabupaten Maros Ali Hasan pada Pukul 12.30 Wita dengan harapan usulan penataan Dapil akan mengakomodir keterwakilan disetiap kecamatan.(160/R12/M@2L-TknsHpms)

share This :

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.